Media Pembelajaran Nilai Kebenaran Pernyataan Majemuk Logika Matematika

Media pembelajaran logika matematika yang berupa alat peraga ini menunjukkan nilai kebenaran suatu pernyataan majemuk yang dibentuk dari dua pernyataan oleh operasi disjungsi, konjungsi, implikasi, dan biimplikasi.

Alat peraga media pembelajaran di atas menggunakan rangkaian elektronika sebagai berikut.

Cara Menggunakan:

  1. Nyalakan alat peraga dengan mendorong saklar yang berada di bagian kanan-bawah pada alat peraga ke arah ON,
  2. Pada alat peraga ini terdapat enam pasang lampu dan dua saklar lainnya,
  3. Sepasang lampu yang berada paling kiri merupakan indikator nilai kebenaran bagi pernyataan pertama yang akan dioperasikan. Nilai kebenaran dari sepasang lampu ini dikendalikan oleh saklar yang ada di sebelah kirinya,
  4. Sepasang lampu yang berada paling kanan merupakan indikator nilai kebenaran bagi pernyataan kedua yang akan dioperasikan. Nilai kebenaran dari sepasang lampu ini dikendalikan oleh saklar yang ada di sebelah kanannya,
  5. Empat pasang lampu yang lainnya merupakan indikator nilai kebenaran dari hasil operasi logika pada pernyataan pertama dan pernyataan kedua. Dari kiri ke kanan empat pasang lampu tersebut merupakan indikator dari operasi disjungsi, konjungsi, implikasi, dan biimplikasi,
  6. Dari alat peraga ini dapat diketahui nilai kebenaran suatu pernyataan majemuk yang dibentuk dari dua pernyataan dan operasi disjungsi, konjungsi, implikasi, dan biimplikasi.
  7. Matikan kembali alat peraga ini setelah digunakan dengan cara mendorong saklar yang ada di sebelah kanan bawah ke arah OFF.

Pembuat media pembelajaran ini adalah saya sendiri Sopandi Ahmad, merupakan mahasiswa dari Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Indonesia. Dibuat pada saat mengikuti mata kuliah media pembelajaran matematika. Semoga informasi ini dapat membantu.

Oleh Opan
Dibuat 28/09/2012
Seorang guru matematika yang hobi menulis tiga bahasa, yaitu bahasa indonesia, matematika, dan php. Dari ketiganya terwujudlah website ini sebagai sarana berbagi pengetahuan yang dimiliki.

Gabung grup telegram t.me/mathsid untuk diskusi dan tanya-jawab

Demi menghargai hak kekayaan intelektual, mohon untuk tidak menyalin sebagian atau seluruh halaman web ini dengan cara apa pun untuk ditampilkan di halaman web lain atau diklaim sebagai karya milik Anda. Tindakan tersebut hanya akan merugikan diri Anda sendiri. Jika membutuhkan halaman ini dengan tujuan untuk digunakan sendiri, silakan unduh atau cetak secara langsung.